Satlantas Polres Bogor Melakukan Rekayasa Lalin Pasca Longsor di Wilayah Puncak

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Jajaran petugas kepolisian lalulintas (Satlantas) Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) pasca longsor di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor.

Kabid Humas Polda Jabar, AKBP Hari Suprapto mengungkapkan, Polres Bogor masih melakukan penutupan jalur mulai dari Gunung Mas hingga Ciloto.

“Jadi wilayah ini masih ditutup, hanya bisa dilewati roda dua (motor, red),” kata Kabid Humas Polda Jabar Hari kepada Jurnalbandung.com. Melalui pres rilis, Selasa (06/02/2018)

Menurut, Hari, untuk kendaraan roda empat (mobil, red) dilakukan pengalihan ke Jalur Alternatif yaitu

Jalur Gunung Putri, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Taman Bunga Cipanas.

Sambung, Hari, untuk Jalur Ciawi, Sukabumi dan Cianjur polisi akan mengevaluasi terlebih dahulu dengan Dinas PUPR, Dishub, BPBD serta pemda maupun pusat dan Korlantas Polri.

“Ini nanti dibuat SOP penggunaan dan penyiapan jalur puncak , mengingat ada 1/3 jalan yang dibawah aspal tanahnya amblas selain itu situasi alam dan hujan terus membahayakan pengendara terutama sering terjebak macet,” jelasnya.

Hari menyebutkan, petugas juga melanjutkan pembersihan lokasi longsor dijalur puncak.

“Ada beberapa titik longsor yang terjadi secara sporadis diluar lokasi-lokasi longsor utama, ini sedang kita tanggulangi juga,” tandasnya.

Kabid Humas Polda Jabar,  Hari,  menjelaskan terkait pencarian sejumlah korban yang tertimbun longsor di beberapa wilayah seperti Riung Gunung Puncak, dan Rel KA km 13.800 Cijeruk ada menambah kekuatan personel guna mengoptimalkan pencarian.

“Jumlah personel kita tambah terutama dari unsur SAR. Untuk personel SAAT Brimob Jabar Kompi Cipanas kita terjunkan 2 SST, Sabhara Polres Bogor 1 SST,” Ungkapnya.

“Pengamanan jalur insiden longsor ada 60 Personel gabungan Lantas dan Polsek. Selanjutnya, untuk lokasi longsor di bawah rel Cijeruk ada 2 SST SAR Brimob Resimen 3 kd halang, Sabhara Polres Bogor 1 SST dan satu unit anjing pelacak (K9). Untuk jalur lalu lintas di lokasi kejadian kita terjunkan 45 Personel, ” pungkasnya.

Leave a Reply