Sarang Tawon Berdiameter 60 Cm di Rancanilem Bikin Warga Resah

Oleh: Dadan Burhan AA

Foto Dadan Burhan
Foto Dadan Burhan

BANDUNG – Warga Kampung Rancanilem RT 04 RW 11, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, resah dengan keberadaan sarang tawon di sebuah rumah yang sudah tak berpenghuni.

Berdasarkan informasi yang  dihimpun Jurnal Bandung.com, sarang tawon tersebut berdiameter sekitar 60 centimeter dan menempel di dinding lantai dua rumah.

Ica Naga alias Pipit, 53, artis sinetron Preman Pensiun yang kebetulan rumahnya bersebelahan dengan rumah kosong tersebut mengatakan, keberadaan sarang tawon raksasa tersebut sudah ada sejak sekitar setahun lalu.

“Sarang tawon itu berada di dinding rumah yang sudah tidak dihuni pemiliknya, punya Yadi warga Ciamis,” ujar Ica yang akrab dipanggil Kang Pipit kepada Jurnal Bandung.com di lokasi, Senin (15/2).

Menurut Pipit, sekitar satu tahun lalu, sarang tawon tersebut hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Namun, karena dibiarkan, sarang tawon tersebut terus membesar seperti saat ini.

Pipit menyebutkan, warga sekitar membiarkan keberadaan sarang tawon tersebut karena takut jika harus memindahkannya.

Pasalnya, tawon yang bersarang di tempat itu berjenis tawon baluh yang besarnya hingga sebesar ibu jari orang dewasa.

“Bahaya soalnya, kan kalau (tawon) menyengat itu bisa membuat panas dingin badan. Katanya juga bisa menyebabkan kematian,” ucap Pipit.

Sementara itu, warga sekitar, Yudi, 52, mengatakan, tawon baluh tersebut pernah menyerang orang saat bertugas melakukan fogging nyamuk. Beruntung, orang itu tak mengalami cidera serius.

“Dulu pernah mengejar dan nyengat orang yang lagi nyemprot nyamuk, tapi untungnya cuma satu aja yang nyengat,” ungkap Yudi.

Leave a Reply