Saking Indahnya, Wagub Jabar Sebut Geopark Ciletuh Emperan Surga

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung –  Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, Geopark Cilteuh bukan hanya menjadi sebuah destinasi wisata. Dia juga berharap, Geopark Ciletuh menjadi sebuah tempat favorit untuk lokasi syuting.

Namun, sebelum menjadi lokasi syuting favorit, Deddy berharap Geopark Ciletuh bisa menjadi geopark nasional. Ke depan, dia pun berharap Geopark Ciletuh masuk ke dalam geopark global network yang diakui UNESCO.

“Kita sudah membentuk tim khusus sejak 7 bulan yang lalu. Tim ini tugasnya mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang diperlukan agar Ciletuh bisa menjadi geopark nasional,” ungkapnya kepada Jurnal Bandung seusai membuka acara Festival Geopark Ciletuh, Sabtu (14/11).

Dia mengatakan, Geoparkk Ciletuh sangat unik. Pasalnya, di geopark ini, terdapat 1 kecamatan, yakni Kecamatan Ciwaru yang memiliki 11 desa yang semuanya memiliki keanekaragaman budaya.

“Makanya  dibuat festival seperti ini,” katanya.

Menurutnya, tim khusus akan terus bekerja agar target Geopark Ciletuh menjadi global geopark network di tahun 2017 nanti tercapai.

“Global geopark network. Ini memang beda, dari gunung sampai laut, begitu pula ada 15 desa yang secara kultural beragam. Untungnya ini ada di 2 kecamatan, tapi satu kabupaten. Sehingga, tidak susah dalam mengurus. Kalau di dua kabupaten atau tiga itu akan repot. Jadi pengurusannya akan mudah, terutama dalam berkooordinasi. Kita optimistis 2017 jadi global geopark network,” tutur Deddy.

Dengan masuknya Geopark Ciletuh dalam global geopark network, lanjut Deddy, destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Sukabumi itu akan menjadi destinasi wisata berskala internasional.

“Tidak semua tempat memiiki itu, ini baru 36.600 hektare di dua kecamatan. Sehingga kita harapkan tidak luas dulu, dikoordinasikan jadi geopark nasional dan jadi global geopark network. Tidak semua negara dan provinsi punya geopark. Jabar punya kenapa tidak kita siapkan, sehingga ekonomi masyarakat Ciletuh disiapkan. Kalau ini berkembang saya kira pertumbuhan ekonomi masyarakat akan luar biasa. Makanya tahun depan infrastruktur disiapkan,” paparnya.

Terkait dengan masalah infrastruktur penunjang Geopark Ciletuh, Deddy menyatakan, Pemprov Jabar akan membangun infrastruktur jalan di sekitarnya, terutama di sekitar Desa Taman Jaya, Ciwaru, dan Puncak Darma.

“Untuk infrastruktur jalan dari Panenjoan sampai Puncak Darma akan dialokasikan sekitar Rp30 miliar. Malah diharapkan bulan Januari 2016 sudah dikerjakan, karena swakelola, dan itu sistemnya betonisasi,” katanya.

Tidak hanya itu, Bandara Citarate pun akan disiapkan untuk menunjang transportasi udara menuju Geopark Ciletuh.

“Citarate sudah disiapkan lahannya. Begitu juga untuk dermaga, akan kita masukan tahun depan. Bahkan ada perusahaan swasta yang akan mengembangkan tenaga bayu, sehingga energi sudah disiapkan. Tapi harus juga ada dermaga, sehingga dari berbagai tempat orang bisa datang. Dari darat bisa, laut juga bisa termasuk udara,” sebut Deddy.

Saking Indahnya, Deddy Mizwar pun menyebut jika Geopark Ciletuh ini adalah emperan surga.

“Ini emperan Surga” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply