Saat Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Aher Doakan Para Pejuang Masuk Surga

Oleh: Redaksi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Jurnal Bandung – Tepat pukul 00.07 WIB, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar bersama segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Jabar menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung, Rabu (17/8).

Tak hanya sekadar upacara dan acara seremonial semata, apel sekaligus doa bersama digelar sebagai wujud rasa syukur serta terima kasih generasi bangsa saat ini kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Inspektur upacara Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jabar Irjen Pol Bambang Waskito menyatakan, nikmat kebahagiaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan republik ini.

“Kami berdoa mudah-mudahan segala bentuk perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan kita dapat diterima Tuhan,” tutur Bambang dalam pembacaan teks pidato apel dan renungan suci ini.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan selaku wakil dari Pemprov Jabar mengatakan, apel dan renungan suci ini digelar sebagai bentuk penghormatan generasi yang masih hidup kepada mereka yang telah meninggal karena telah membela bangsa dan negara ini.

Aher, sapaan akrab Gubernur pun berdoa agar para pahlawan yang telah gugur bisa diampuni dan diberikan surga oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kita harus merenungi bahwa perjuangan mereka (para pahlawan sangat berat dan kita harus tersadarkan bahwa kita harus melanjutkan perjuangan mereka,” kata Aher.

“Kita bisa melanjutkan perjuangan dalam bentuk mengisi kemerdekaan, dalam bentuk pembangunan, dalam bentuk menyejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Di Taman Makam Pahlawan Cikutra ini terdapat 5.000 lebih makam pahlawan yang berasal dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara. Selain itu, ada juga makam warga sipil serta ratusan makam pahlawan bangsa yang tak dikenal namun telah berjuang untuk kehidupan bangsa ini.

Share This

Leave a Reply