Ridwan Kamil Masih Jadi Primadona Dalam Pilgub Jabar 2024

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Jika mencalonkan lagi sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dipastikan akan terpilih kembali pada pilgub 2024 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Jaringan Survei Pemuda Pelajar dan Ragaplasma Research. Dari hasil survey teraebut tingkat elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 25,2%.

Meski demikian Ridwan Kamil dibayang bayangi dengan beberapa kandidat lainnya, seperti Dedi Mulyadi yang memiliki tingkat elektabilitas 16,7%, Uu Ruzhanul Ulum 1,7% dan Achmad Fachmi 1,3%.

“Ridwan Kamil memiliki peluang cukup besar. Rakyat memilihnya karena alasan baik,” jelas Direktur Raga Plasma Research, Romdin Azhar, di Bandung, Kamis (16/11).

Sementara itu untuk posisi wakil gubernur periode 2024-2029, tambahnya, nama teratas yang banyak dipilih ialah Dedi Mulyadi dengan tingkat elektabilitas 6,5%. Di bawahnya ada nama Dessy Ratnasari, Uu Ruzhanul Ulum, dan Atalia Praratya.

JSPP dan Raplasma Research menggelar survei Potret Partisipasi Politik Masyarakat Jawa Barat pada 1-12 November lalu. Survei dilakukan di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Sebanyak 1.000 responden terlibat dalam survei ini.

Romdin menambahkan, pihaknya juga melakukan survei seandainya Ridwan Kamil tidak mengikuti Pilkada Jawa Barat 2024, karena ada kemungkinan dia ikut pilkada DKI Jakarta, pasangan yang paling disukai warga Jawa Barat ialah Dedi Mulyadi sebagai gubernur dan Desi Ratnasari sebagai wakil gubernur.

Tingkat popularitas kandidat gubernur dan wakil gubernur mendudukan Dedi Mulyadi di tempat teratas dengan 52%. Disusul Dessy Ratnasari 34%, Kaesang Pangarep 27%, Atalia Praratya 26%, UU Ruzanul Ulum 15% dan Bima Arya 10%.

Hal senada pun diungkapkan Direktur Jaringan Survei Pemuda Pelajar M Salman Ramadhani. Dikatakannya dari sisi tingkat kesukaan, Dedi juga tertinggi dengan angka 46%, Dessy Ratnasari 29%, Atalia Praratya 21%, Kaesang Pangarep 19%, Uu Rhuzanululum 12% dan Bima Arya 8%.

“Untuk tingkat elektabilitas kandidat gubernur, Dedi menduduki posisi tertinggi dengan 42%, disusul Atalia Praratya 4%, UU Ruzanul Ulum 4%, Bima Arya 3% dan Dessy Ratnasari 2%. Sementara untuk wakil gubernur, Dessy Ratnasari teratas dengan 14%, Atalia Praratya 11%, Uu Rhuzanul Ulum 6% dan Bima Arya 4%,” tambah

Dia berharap dari hasil survei dan pemetaan ini para kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dapat berkampanye secara positif, sportif dan aspiratif.

“Kami berharap mereka bisa turut andil dan ambil bagian untuk mencari solusi konkret permasalahan yang dirasakan warga,” katanya.

Leave a Reply