Ridwan Kamil Janji Atasi Banjir dengan Tiga Langkah Jangka Pendek Ini

Oleh: Riefki Farandhika

Jurnalbandung.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menganggap, insiden banjir parah yang terjadi pada Minggu (13/11) kemarin bukan sepenuhnya disebabkan kelalaian Pemkot Bandung.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menyatakan, Pemkot Bandung akan melakukan langkah penanganan jangka pendek dalam mengatasi banjir.

“Soal banjir kan BMKG sudah menyampaikan banyak cuaca ekstrem. Coba media juga lihat di Sukabumi, Saguling, kabupaten dimana-mana,” tutur Emil seusai rapat bersama DPRD Jawa Barat di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (14/11).

Emil mengatakan, Pemkot Bandung kini tengah mengoptimalkan perbaikan drainase bersifat jangka pendek dan menengah, di antaranya membuat gorong-gorong, tol air, dan penyediaan sumur resapan secara massal.

“Pemerintah kota itu melakukan tiga upaya jangka pendek. Kita ada dana untuk segera membangun gorong-gorong baru. Kemudian pompa dengan tol air juga, kita perbanyak titiknya. Dan rencananya akan memassalkan ribuan sumur resapan, itu jangka pendek,” jelasnya.

Untuk jangka menengah, pihaknya mencanangkan kawasan danau retensi dengan tujuan agar debit air yang meningkat saat hujan bisa terakomodasi, sehingga potensi banjir bisa ditekan.

“Jangka menengahnya ada empat lokasi untuk dibikin danau retensi di Babakan Jeruk, Sirnaraga, Gedebage. Kemudian di Sarimas dan daerah Ujungberung supaya air yang berlimpah bisa diparkir dulu,” terangnya.

Menurutnya, empat wilayah tersebut menjadi pilihan lokasi pembangunan danau retensi karena volume airnya tinggi saat hujan deras, tidak terkendali, dan berdampak parah.

“Dengan cuaca ekstrem, airnya semua lewat jalur itu, kadang kadang tidak tertampung,” katanya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun Twitternya menyampaikan, banjir di 20 lokasi di Kota Bandung dan Tol Cikampek arah Jakarta akibat hujan lebat yang mengguyur pada Minggu (13/11) sore, namun surut pada malam harinya.

Ke-20 lokasi yang tergenang banjir tersebut, yakni Jalan Pagarsih, Jalan Wastukancana, Jalan Lodaya, Jalan Pasirkoja, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sukagalih, Jalan Sudirman, dan Jalan Waringin (Pasar Andir).

Lalu, Jalan Laswi, Jalan Burangrang, Jalan Stasiun Timur, Jalan Kebon Jati, Stasiun Bandung, Jalan Caringin, Jalan Otista, Jalan Dr Djundjunan, Jalan Kopo, Jalan Manado, Jalan Serayu, dan Rumah Sakit Cicendo.

Share This

Leave a Reply