Ridwan Kamil Ajak IA ITB Gagas Solusi Negara Pasca Pandemi Covid19

Ridwan Kamil dalam diskusi terbatas dengan Ketua Pengurus Pusat IA ITB, Gembong Primdjaja pada Hari Minggu (26/4) di Gedung Negara Pakuan mengatakan pentingnya peran alumni ITB dalam menggagas solusi masyarakat pasca pandemi. Menurut Ridwan Kamil, perlu pandangan multidimensi dalam mengatasi situasi pasca pandemi Covid19 yang telah berlangsung lebih dari setahun.

“Banyak aspek dalam masyarakat telah berubah, mulai dari situasi pembelajaran, kesehatan, transportasi pariwisata, ekonomi, hingga pemanfaatan teknologi. Dunia tidak lagi sama seperti sebelum pandemi” Ujar Kang Emil. Ridwan Kamil mencontohkan kondisi masyarakat Bali yang tidak siap berhadapan dengan kondisi tanpa wisatawan dalam jangka panjang.

Gubernur Jawa Barat ini juga menekankan perlunya rumusan gagasan baru guna membantu pemerintah serta masyarakat mengatasi situasi yang serba baru. Ridwan Kamil yang juga lulusan Arsitektur ITB berharap bahwa IA ITB dapat berperan menghasilkan pemikiran pada skala kebangsaan.

Gembong Primadjaja yang baru terpilih sebagai Ketua IA ITB periode 2021-2025 menyambut ajakan Ridwan Kamil. Menurut Gembong, kehadiran alumni ITB di berbagai sektor merupakan potensi besar yang dapat dioptimalkan bagi kemajuan bangsa. Gembong memaparkan rencananya dalam menghubungkan potensi alumni tersebut dalam konsep “Connecting the Dots” yang digagas oleh kepengurusan barunya.

“Ada banyak pakar, alumni ITB yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri. Mereka siap berkontribusi jika dibutuhkan oleh negara” ujarnya. Guna menjangkau alumni yang tersebar luas ini, IA ITB akan mengembangkan platform kegiatan secara daring maupun luring.

Meski siap beradu gagasan pada tataran nasional dan global, namun IA ITB juga tak lupa menggagas aksi di tataran lokal, khususnya Jawa Barat. Gembong memastikan akan menjadikan Bandung sebagai pusat kegiatan IA ITB. Hal ini tidak terlepas dari kehadiran ITB yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Leave a Reply