Ribuan Buruh Siap Kawal Penetapan Hasil Revisi UMK 2015

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI 1992) berunjukrasa di depan Gedung Sate Bandung. Mereka mendesak Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan segera menetapkan hasil revisi upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2015.

“Besok (Rabu, 10/12) Dewan Pengupahan Provinsi Jabar akan membahas itu dengan mengundang para pakar ekonomi dari Unpad. Termasuk dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan BPS (Badan Pusat Statistik). Ketiga lembaga tersebut  akan memaparkan dampak kenaikan harga BBM yang  berimbas pada kebutuhan pekerja selama ini,” jelas Ketua DPD SBSI 1992 Jabar, Ajat Sudrajat kepada Jurnal Bandung di sela-sela aksi unjuk rasa, Selasa (9/12).

Menurutnya, Ahmad Heryawan telah berjanji akan menyampaikan hasil pembahasan tersebut kepada para buruh.

“Tentunya itu akan kita kawal, makanya besok akan ada 25 ribu buruh yang akan mengawal itu, apalagi tanggal 10-11 Desember ada rencana mogok nasional. Sehingga para buruh dari Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Sumedang, Majalengka, Garut,  Subang, dan lainnya akan didorong mengawal itu ke Gedung Sate. Bahkan, jam 5 subuh mereka sudah standby,” tegasnya.
Sent from my BlackBerry® smartphone fr

Share This

Leave a Reply