Resmikan Puncak Aher, Gubernur Jabar Ceritakan Kisahnya

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan puncak Aher di Palangpang Kabupaten Sukabumi, Jumat (20/4/2018)

Pria yang akrab disapa Aher menceritakan awal mula cerita kenapa bisa diberikan nama puncak Aher. Menurut dia, pihaknya tidak ada niatan memberikan nama salah satu puncak di wilayah Geopark Ciletuh ini dengan nama dirinya.

Dia menceritakan awalnya ide tersebut datang ketika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat yang mengusulkan salah satu spot atau area yang dijadikan olahraga paralayang menggunakan namanya.

Selain itu, Aher juga sempat berfoto di are tersebut yang kemudian diabadikan di kalender tahunan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Tanpa disangka-sangka ternyata foto tersebut sempat viral di dunia Maya.

“Tidak terbersit sedikitpun puncak ini dinamai nama saya. Cuma, saya sempat berfoto di sini dan tak terduga sempat viral di media sosial sehingga banyak pihak yang menyarankan penamaan puncak Aher,” katanya kepada wartawan di Palangpang Kabupaten Sukabumi, Jumat (20/4/2018)

Aher menjelaskan ada tiga lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk melihat bentak alam Geopark Ciletuh Palabuhanratu yakni puncak Darma, puncak Panenjoan dan puncak Aher.

Namun, puncak Aher memiliki keistimewaan tersendiri dengan kondisi hembusan angin yang tidak terlalu tingi sehingga sangat cocok untuk dijadikan arena olahraga paralayang.

“Di sini bedanya tekanan anginnya tidak begitu besar sehingga cocok untuk paralayang,”ujar pungkasnya.

Leave a Reply