Rawan Gesekan, Driver Online Desak Pemerintah Berperan Aktif Berikan Solusi Terbaik

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Ketua Himpunan Driver Bandung Raya (HDBR) Iyan Sopian mendesak pemerintah untuk berperan aktif dalam penyelesaian konflik antara driver ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) yang selama ini sering terjadi gesekan di lapangan. Hal itu pun seiring terjadinya gesekan yang terjadi pada beberapa waktu lalu di Pasir Impun.

“Kita meminta pemerintah khususnya Kota Bandung untuk memberikan solusi yang terbaik dalam penyelesaian gesekan antara ojol dan opang di lapangan. Jangan hanya audiens saja tetapi tidak ada solusinya,” jelas Iyan yang akrab disapa Yan Restu ini kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Dikatakan Iyan, pihaknya telah melakukan audien bersama dengan unsur terkait dalam menyelesaikan permasalahan tersebut pada Rabu (18/2/) kemarin. Kegiatan audensi pun dilakukan antara Pemkot Bandung dengan Aplikator, Perwakilan Driver Online dan Ojek Pangkalan Wilayah Bandung Timur. Namun demikian hingga saat ini belum ada solusi terbaik yang dihasilkan dari pertemuan. Sehingga pertemuan pun akan dilakukan lagi dalam waktu dekat ini.

“Kita berharap kedepan itu masyarakat ojol bisa mengantar konsumen ke Pasir Impun dan beberapa wilayah di Bandung Timur dengan bebas dan nyaman sampai tujuan. Karena kita sama sama mencari nafkah. Tentunya ojol pun harus bersikap santun saat melintas di pangkalan dan menyapa yang ada di pangkalan. Tetapi hal itu tidak malah menimbulkan kecemburuan dari ojek pangkalan,” jelasnya.

“Kita perlu memberikan kebebasan kepada masyarakat atau pun konsumen untuk memilih layanan, baik itu mau ke opang atau pun ke ojol, dibebaskan saja. Karena disitulah pelayanan terbaik akan tercipta,” jelasnya.

Menurutnya, saling hormat menghormati antara driver harus dijalin dengan baik. Sehingga tidak ada lagi terjadi gesekan di lapangan. Apalagi saat ini masyarakat dihadapkan pada Pemilu 2024.

“Ini sangat penting, semua harus menjaga kondusifitas, apalagi saat ini telah memasuki tahun politik, dimana kondusifitas harus dijaga oleh semua orang,” jelasnya.

Leave a Reply