Ratusan Veteran Konvoi Menuju Monumen Perjuangan

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Ratusan veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berkonvoi seusai berziarah ke Taman Makam Pahlawan di kawasan Cikutra, Kota Bandung.

Mereka berkonvoi menggunakan sepeda motor klasik dan modern menuju Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di kawasan Dipatiukur, Kota Bandung. Ratusan pejuang kemerdekaan ini dibonceng anggota berbagai klub sepeda motor.

Sebelum berkonvoi, para veteran sempat melakukan upacara di Taman Makam Pahlawan. Mereka kemudian berkeliling dan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan tersebut.

Di sana, mereka kembali bertemu sahabat, keluarga, dan rekan sesama pejuang. Memori akan perjuangan pun kembali tersirat bahwa betapa heroiknya perjuangan rakyat Indonesia saat berusaha mengusir penjajah.

“Saat itu semua rakyat Indonesia sama-sama berjuang mengusir penjajah. Kemerdekaan bukan hadiah, tapi hasil perjuangan yang begitu besar,” kata Ketua LVRI Kota Bandung H Soedirman.

Seusai berziarah, para veteran bergerak ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat untuk melakukan rangkaian kegiatan peringatan Hari Veteran Nasional.

Share This

Leave a Reply