Puluhan Sopir Bus Jalani Tes Urine

Oleh: Ferry Prakosa

foto oleh: Ferry Prakosa
foto oleh: Ferry Prakosa


Jurnal Bandung – Puluhan sopir bus menjalani tes urine yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jabar. Tes urine bertujuan untuk memberikan  rasa nyaman kepada penumpang bus menjelang perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

“Ini kegiatan rutin yang dilakukan menjelang natal dan tahun baru, selain hari raya lebaran,” ucap  Kabid Pemberantasaan BNN Provinsi Jabar AKBP Dicky Sapta di di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Rabu (24/12).

Menurutnya, pemeriksaan terhadap sopir dan awak bus kali ini dilakukan demi keselamatan penumpang yang akan berlibur merayakan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 di kampung halamannya. Dalam tes urine, BNN Provinsi Jabar memeriksa 50 orang sopir sebagai sampel.

“Sampel 50 orang, kalau masih banyak akan kita perbanyak,” ujarnya.

Selain tes urine, pemeriksaan kali ini juga bertujuan untuk mengecek tensi darah para sopir.

“Jika kedapatan tensi darahnya tinggi, kita sarankan untuk tidak mengendarai bus,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua panitia Pelaksana Penyelenggara Angkutan Lebaran Natal dan Tahun Baru Dishub Jabar M Abduh Hamzah mengatakan, test urine kepada sopir dan awak bus kali ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menekan angka kecelakaan.

“Kita tahu angka kecelakaan makin tinggi, ini salah satu cara antisipasinya. Kita ingin keselamatan lalu lintas ini dari pengemudi,” katanya.

Dia menambahkan, test urine tidak hanya dilakukan di Kota Bandung, tetapi serentak di semua terminal besar di kota/kabupaten di Jabar.

“Masing-masing kabupaten/kota ada, ini serentak di terminal besar di Jabar,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sekitar dua jam, petugas gabungan dari Dishub Jabar dan BNN Provinsi Jabar tidak menemukan indikasi sopir yang menggunakan narkoba ataupun zat aditif lainnya.

“Belum ada temuan, tapi apa salahnya untuk pencegahan kita lakukan (test urine),” tandas Abduh.

Share This

Leave a Reply