Progres Pelabuhan Patimban Tahap 1 Capai 13%

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Progres pelabuhan Patimban untuk tahap 1 yaitu terminal peti kemas sudah mencapai 13 persen. Luas terminal yang ditargetkan selesai Desember 2019 ini yaitu 420 meter x 300 meter (13 hektare) dari luas keseluruhan terminal 4320 meter.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama chief de Mission Embassy of Japan Ono Keiji, meninjau langsung lokasi proyek Patimban untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai jadwal.

“Hari ini kita ingin memastikan bahwa proyek Patimban sudah dimulai karena ini sangat strategis dan kami akan laporkan ke Presiden. Sejauh ini tidak ada kendala dan sesuai schedule,” kata Menhub Budi Karya di Dermaga Agung Patimban, Rabu (09/01/19).

Budi menuturkan, rencananya Pelabuhan Patimban akan memiliki kapasitas 7,5 juta Teus menyamai Pelabuhan Tanjung Priuk. Bila Patimban sudah rampung pada 2027 nanti maka 50 persen aktivitas di Tanjung Priuk akan beralih ke Patimban.

“Rencananya kapasitasnya 7 juta Teus sama besarnya dengan Tanjung Priok,” ujarnya.

Budi optimistis, hadirnya Patimban aman memberi pertumbuhan ekonomi baru dan mampu menekan harga logistik.

“Kami yakin ini akan memberi pertumbuhan ekonomi baru dan yang paling penting adalah menakan harga logistik yang terus kita efisiensikan,” tuturnya.

Untuk akses jalan sendiri dalam waktu dekat akan dibangun akses menuju jalan arteri dan tol Cipali.

“Dalam jangka pendek ada jalan akses ke arteri dan tol,” ucap Budi.

Untuk itu pihaknya mengapresiasi Pemprov Jabar dan Pemkab Subang yang telah membantu dalam pembebasan lahan.

“Terimakasih kepada Pemprov Jabar dan Subang atas dukungannya yang luar biasa,” ucap Budi.

Leave a Reply