Produk Kulit Kampung Kreatif Pasundan Tembus Pasar Texas Amerika Serikat

Oleh: Ridwan Alamsyah

Fotografer: Ridwan Alamsyah
Fotografer: Ridwan Alamsyah

Jurnal Bandung – Berawal dari kekhawatiran terhadap dampak pergaulan masyarakat urban, sekelompok pemuda di kawasan Jalan Pasundan, Kota Bandung membentuk sebuah wadah bernama Kampung Kreatif Pasundan (KKP).

Mereka memanfaatkan gedung serba guna di RW 04, Kelurahan Balong Gede, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Di tempat itulah, pemuda pemudi berkumpul, berinteraksi, dan berkreasi dalam berbagai bidang.

Salah satu yang kini tengah fokus mereka kerjakan adalah membuat berbagai produk berbahan kulit. Kerja keras mereka pun tak sia-sia. Sebab, produk kulit yang mereka hasilkan kini sudah mampu menembus pasar Texas, Amerika Serikat.

KKP sendiri merupakan salah satu program kegiatan Karang Taruna RW 04 Balong Gede. Dengan keberadaan KKP, pemuda dan pemudi di Jalan Pasundan diharapkan terhindar dari dampak negatif gaya hidup urban seperti penyalahgunaan narkoba hingga seks bebas.

“Kami melihat potensi pemuda di Jalan Pasundan ini, kemudian melihat produk barang jadi berbahan kulit cukup diminati,” ungkap sesepuh KKP Khairul Taryana, 26, kepada Jurnal Bandung, Jumat (29/5).

Namun, kreativitas pemuda dan pemudi Jalan Pasundan ini ternyata tak hanya sebatas memproduksi barang-barang berbahan kulit. Mereka pun punya seabrek kegiatan positif lainnya seperti fotografi, jurnalistik, hingga multimedia dan bahasa Inggris.

Selain itu, para anggota KKP pun bisa mendapatkan pelatihan seni seperti seni tari, lukis, hingga musik, dan sebagainya sesuai bakatnya masing-masing. Semuanya diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

“Seperti pelatihan pembuatan film maupun fotografi, kami pernah lakukan dimana narasumber-narasumbernya adalah relasi-relasi kami,” ungkapnya.

Berkat keberhasilannya membina pemuda dan pemudi Jalan Pasundan, KKP yang berdiri sejak 2003 lalu ini kini sering menerima kunjungan tamu dari negara-negara Asia seperti dari Jepang dan Korea.

Mereka tertarik berkunjung untuk melihat langsung karya yang dihasilkan pemuda pemudi KKP maupun mendalami pola pembinaan KKP terhadap anggotanya. Ke depan, semoga akan lebih banyak kampung kreatif di Kota Bandung yang warganya juga dikenal kreatif ini.

Leave a Reply