Prihatin Dengan Kondisi Pertanian di Jawa Barat, GANTI akan Terbang ke Thailand

Oleh Yuga Khalifatusalam
Foto Yuga Khalifatusalam
Foto Yuga Khalifatusalam
Jurnal Bandung – Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) Jawa Barat merasa prihatin dengan kondisi para petani di Indonesia khususnya Jawa Barat. Demi meningkatkan kualitas hasil tani di Jawa Barat GANTI berencana akan melakukan study banding ke Thailand.
Ketua GANTI Jabar Pamriyadi menjelaskan, kenapa Thailand yang dipilih untuk study Banding, tentu bukan tanpa alasan, pasalnya di Thailand para petaninya mampu memproduksi pertaniannya hingga ke pasar global.
“Produk pertanian di Thailand sangat bagus, dari hulu hingga hilir. Bayangkan hari ini memetik hasil panen, besok paginya hasil panen sudah di pasarkan di Eropa,” jelasnya kepada jurnalbandung.com saat ditemui usai pertemuan dengan pihak Kadin Jawa Barat, Kamis (17/3).
Dia mengakui, memang untuk bisa menjadi seperti Thailand ini tidaklah mudah. Karena kondisi Thailand saat ini memerlukan proses yang panjang.
“Minimal kita bisa mengadopsi cara di sana pada beberapa produksi untuk dikembangkan di Jabar,” kata Pam

Oleh karena itu, dia sangat berharap ada dukungan penuh dengan Kadin, karena Kadin ini sebagai wadah agar bisa menjadikan produk tani di Jawa Barat mudah dipasarkan.

“Rencana kita akan mengunjungi sentra industri di Thailand,  di sana kita akan melihat ada sentra buah yang paginya di petik, pagi berikutnya sudah dipasarkan di global,” tuturnya.‎
Share This

Leave a Reply