Prabu ‘Sang Superhero’ Siap Basmi Pembuang Sampah Sembarangan

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Untuk masalah kebersihan di Kota Bandung, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak ingin main-main. Sanksi berupa denda siap menanti siapapun yang membuang sampah sembarangan di Kota Bandung.

Untuk membantu menindak siapapun yang membuang sampah sembarangan, Pemkot Bandung merangkul para relawan. Relawan tersebut dinamai Pahlawan Urang Bandung (Prabu). ‘Superhero’ itu turut dilibatkan bak pembela kebenaran.

“Prabu ini tugasnya melaporkan jika menemukan warga yang buang sampah sembarangan,” kata wali kota yang akrab disapa Emil ini di Balai Kota Bandung, Senin (1/12).

Emil menambahkan, dalam tugasnya, Prabu ‘Sang Superhero’ dilarang memberikan tindakan hukum berupa denda. Sebab, sanksi denda secara teknis dilakukan oleh petugas Satpol PP.

“Relawan Prabu ini hanya memeriksa dan memotret KTP pelanggar. Setelah itu melaporkan kepada Satpol PP. Nanti Satpol PP menahan KTP milik orang yang melanggar dan memroses dendanya,” jelas Emil.

Wali kota lulusan Universitas Of Berkeley Amerika Serikat iniĀ  menuturkan, gerak Prabu ‘Sang Superhero’ merambah mulai lingkungan warga hingga sekolah.

“Nantinya di satu RT itu ada dua orang relawan, diutamakan Linmas. Kalau di sekolah, tiap kelas itu ada dua orang,” sebutnya.

Terhitung 1 Desember 2014 ini, denda sampah menjadikan Peraturan Daerah (Perda) Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban (K3) terasa ‘bertaring’. Dendanya mulai Rp250 ribu hingga Rp50 juta. Namun, Pemkot Bandung masih memberikan toleransi selama sepekan ini.

“Sekarang hanya minggu teguran. Kalau masih bandel akan sesuai prosedur (sanksi denda). Cara seperti ini membuat Kota Bandung bisa lebih bersih dan perilaku warga membuang sampah sembarangan diharapkan berkurang,” tandas Emil.

Leave a Reply