Polisi Ungkap Kasus Prostitusi Online di Bandung

Oleh: Dadan Burhan

Jurnalbandung.com – Seorang mucikari yang membawahi Enam Pekerja Seks Komersial (PSK) diamankan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Bandung.

Disinyalir mucikari berinisial FN, telah beroperasi cukup lama, dia memasarkan para PSKnya melalui aplikasi michat.

“Pelaku sudah menjalani kegiatan (bisnis esek-esek) ini, kurang lebih, hampir setahun,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung, saat ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Selasa (7/9/2021).

Mereka memiliki tempat sendiri, untuk menjalankan bisnisnya tersebut. Apartemen Suite Metro, dipilih pelaku, sebagai tempat eksekusi jasa esek-esek.

Guna menghindari petugas, pelaku, menggunakan aplikasi ponsel pintar, untuk mencari pelanggannya. Dari satu pelanggan, pelaku meminta uang ratusan ribu, untuk satu kali berhubungan dengan para psk, yang dinaungi oleh pelaku.

“Tarifnya 250 ribu,” ucapnya.

Kasus ini pun, terbongkar usai polisi mendapat informasi terkait dengan adanya bisnis prostitusi online. Dari informasi yang didapat, polisi lakukan penyelidikan. Alhasil, bisnis FN pun, akhirnya terbongkar.

Enam dari PSK yang diamankan, dua diantaranya masih di bawah umur. Mereka pun mendapat pendampingan, guna penyidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan dalam pengungkapan ini, diantaranya satu ponsel, satu alat kontrasepsi, uang ratusan ribu, dan bukti percakapan di aplikasi MiChat.

Pada kasus ini, polisi kenakan pasal 2, pasal 11, pasal 12 UURI No 21 tahun 2017, tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Pelaku terancam hukuman 15 tahun bui.

Leave a Reply