Polda Jabar Siap Bantu Pengamanan Pelantikan DPR dan DPD RI

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net

Jurnal Bandung- Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) siap membantu mengamankan jalannya pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota DPR dan DPD RI pada tanggal 1 Oktober 2014 di Gedung DPR/MPR RI Jakarta. Polda Jabar sendiri memprioritaskan pengamanan di enam Polres yang memiliki akses jalan tol.

“Kami backup Polda Metro Jaya. Jabar ini merupakan penyangga ibu kota Jakarta. Jadi ada enam daerah Jabar berbatasan dengan Jakarta yang menjadi prioritas kesiapan pengamanan,” ucap Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (30/9).

Menurutnya, langkah pengamanan guna mengantisipasi situasi adanya upaya menggagalkan pelantikan anggota DPR RI dan DPD RI di antaranya pengerahan massa ke Jakarta. Selain itu antisipasi pedemo yang mengangkat isu perburuhan, agraria, dan UU Pilkada.

Enam wilayah prioritas penyekatan yaitu wilayah hukum Polres Bogor, Polres Bogor Kota, Polres Karawang, Polres Sukabumi, Polres Cianjur dan Polres Purwakarta. Total personel di enam polres tersebut sebanyak
8.864 personel dan BKO Polda Jabar 1.115 personel. “Penyekatan dilakukan mengurangi pengerahan massa berlebihan untuk berunjuk rasa ke Jakarta,” katanya.

Untuk Polres Bogor ruas jalan yang disekat polisi yaitu Polres Karawang antara lain GT Karawang Barat, GT Karawang Timur, Rest Area KM 42 dan Tanjungpura. Polres Purwakarta yaitu BIC/Kawasan Industri, GT Cikampek, GT Sadang dan GT Jatiluhur. Polres Sukabumi yakni Kawasan Indolakto, Stasiun Kereta Api Cicurug, Areal Wisma Delima dan Lapangan Sekarwangi. Polres Cianjur yaitu Jembatan Citarum, Rest Area Segar Alam, Jembatan Cibeet dan Tugu Batas Gekbrong.

Gerbang Tol (GT) Kranggan, GT Gunung Putri, GT Citeureup, GT Sentul Utara, GT. Sentul Selatan, GT Ciawi, Simpang Gadog, Fly Over Cibinong dan Parung. Polres Bogor Kota yakni Simpang Pomad, BORR/Jalan Baru, Baranangsiang, Simpang Ciawi dan Yasmin Tansa.

Share This

Leave a Reply