Pilpres 2019, UKRI Sebut Prabowo-Sandi Unggul Hasil Penelitian C1 Plano

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Setelah melakukan penelitian elektabilitas dan exit pooll, kali ini Lapitek Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) merilis hasil penelitian pilpres 2019 yang berdasarkan C1 plano.
Direktur Lapitek Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Rochmanizar Setiadi mengungkapkan bahwa penelitian dilakukan dengan sebaran 8 ribu TPS di 34 Provinsi di Indonesia.
“Ini sudah kali ketiga kita melakukan survei, pertama survei elektabilitas, kemudian exit poll dan saat ini kita lakukan penghitungan untuk mengetahui harapan rakyat terkait sosok pemimpin yang diinginkan,” kata Rochmanizar.
Dari hasil penghitungan yang dilakukan di 34 provinsi, 11 provinsi di antaranya menginginkan Jokowi-Ma’ruf dan sisanya sekitar 23 provinsi menginginkan Prabowo-Sandi sebagai pemimpin bangsa 5 tahun ke depan.
“Hasil penghitungan itu menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf 35,90 persen, Prabowo-Sandi 62,20 persen dan suara tidak sah sebanyak 1,90 persen. Survei ini kita lakukan pada H+1 pencoblosan sampai tanggal 24 April 2019,” kata dia.
Lebih lanjut Rochmanizar mengatakan bahwa populasi sebaran lebih banyak di bagian barat, (Jabar, Jateng, Jatim, Banten dan DKI).
“Ini karena jumlah pemilih lebih banyak di barat. Untuk memperoleh C1 di kawasan timur, kami cukup kesulitan,” kata dia.
Lebih lanjut dia menegaskan bahwa penelitian yang dilakukan tidak untuk menunjukkan menang dan kalah. Penelitian ini, kata dia, untuk mengetahui harapan masyarakat terhadap dua kandidat untuk memimpin Indonesia.

Share This

Leave a Reply