Pilpres 2019, Survey Membuktikan Capres Prabowo-Sandi Menang

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survey yang sudah dilakukan pada 14 Maret – 29 Maret 2019. Jumlah koresponden sendiri sebanyak 2.500 yang tersebar di 34 provinsi.
Direktur Ekesekutif IDM Bin Firman Tresnadi menjelaskan, Hasil akhir tingkat elektabilitas capres dan cawapres dari pilihan 2500 responden yaitu, Joko Widodo – Ma’aruf Amin Dipilih Oleh 969 Responden Dari 2500 Responden yang disurvei Atau 38,76 persen .
“Sementara, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dipilih Oleh 1440 responden dari 2500 Responden yang Disurvei Atau 57,60 Persen  Dan Responden Yang Tidak Memilih Sebanyak 91 Respoden Dari 2500 Responden Atau 3,64 persen,” terangnya.
Lebih jauh, Bin Firman menjelaskan ada beberapa  alasan responden meninggalkan Jokowi dan lebih memilih Prabowo. Alasan tersebut kata dia, menyangkut lapangan pekerjaan, kedaulatan  pangan, arah pemerintah, pemerintahan bersih dan penegakan hukum.
“Faktor lainnya yang sangat berpengaruh terhadap tingginya elektabilitas pasangan Prabowo – Sandiaga dibandingkan pasangan Joko Widodo – Ma’aruf Amin adalah Faktor Sandiaga Uno,” katanya.
Dalam banyak aspek,  kata Bin Firman, figur Sandiaga Uno dalam pandangan responden memiliki banyak keunggulan dibandingkan Ma’aruf Amin. Selain cakap dibidangnya, Sandiaga Uno juga dianggap sebagai respentatif generasi milineal yang memiliki hak suara sekitar 30 persen.
Survei menggunakan   instrumen   data   berupa   angket Metode  penarikan  sampel yakni Multistage  random  sampling  yaitu teknik  sampel  dengan  berbagai  tingkatan  secara  acak, Margin of error ± 1,96 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Share This

Leave a Reply