Pilpres 2019, Lembaga Survey Ini Sebut Jokowi Sudah Tidak Dipercaya

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Menjelang pilpres 2019 Capres 01 Jokowi-Amin banyak ditinggalkan pemilihnya. Hal tersebut berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Pemilu Indonesia  (LKPI).
Direktur Eksekutif LKPI, Tubagus Alvin menjelaskan, ada banyak faktor kenapa Jokowi banyak ditinggalkan pemilihnya.
Menurut dia, sebanyak 58,1 persen masyarakat berpendapat bahwa Negara Indonesia saat ini sedang berjalan ke arah yang salah seperti, bertambahnya Hutang Negara, tingginya tingkat Korupsi yang kian merajalela, mempermudah Masuknya tenaga kerja asing di Indonesia serta maraknya jual beli jabatan di pemerintahan dari tingkat desa sampai ke tingkat pusat.
“Menurunnya tingkat pendapatan dan perekonomian Keluarga yang sangat dirasakan oleh Masyarakat Indonesia sebesar 85,5 % selama kurun waktu 4 tahun terakhir juga menjadi alasan masyarakat tidak percaya lagi dengan Jokowi,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut dia menunjukan hasil survey yang dilakukan pada 20 Maret hingga 3 April 2019.
“Tingkat Eletabilitas Pasangan Joko Widodo – Maruf Amin hanya berkisar  40,9 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 58,1 persen dan tidak memilih 1 persen,” katanya.
Survei LKPI melibatkan 2426 responden dengan Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 1.99 % pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih, diwawancarai lewat tatap  muka oleh surveyor yang telah dilatih.
Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 35% dari total sample oleh penyelia surveyor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot-check).

Share This

Leave a Reply