Pilgub Jabar, Ahmad Syaikhu Kalah Tenar Dengan Haris Yuliana dan Tate Qomaruddin

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com  – Pengusungan Ahmad Syaikhu untuk mendampingi Deddy Mizwar dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang mendapatkan pertanyaan besar. Bahkan seorang pengamat menyatakan, pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman bisa menimbulkan blunder politik.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Karim Suryadi menilai masih banyak kader PKS yang lebih baik dari segi popularitas dan elektabilitas nya dibandingkan dengan Ahmad Syaikhu.

Karim mencontohkan ada beberapa nama yang lebih baik dari Ahmad Syaikhu. Dia menyebutkan nama Haris Yuliana dan Tate Qomaruddin.

“Kalau misalnya basisnya wacana bagaimana kekuatan orang ini di ruang publik sehingga namanya bisa dikenal dan dipercaya, memang kalah dibanding Tate Qomarudin dan Haris Yuliana,” ungkap Karim Suryadi, Rabu (26/7).

Dalam kesempatan tersebut Karim menyatakan, munculnya Ahmad Syaikhu jiga istilah dalam politik disebut dengan  “New Things New Hope”, seperti saat Partai Demokrat memunculkan sosok Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

“Mungkin kali ini orang-orang PKS mau mencoba paradigma itu. Di tengah-tengah gencarnya pemberitaan orang orang populer, PKS mencoba memunculkan sesuatu yg baru, sehingga publik bisa bertanya pasti dia punya kekuatan,” paparnya.

Meski begitu, Karim memandang, sosok baru yang dimunculkan oleh PKS tersebut harus benar-benar ditata dengan baik, sehingga rasa penasaran publik bisa terjaga.

“Jangan salah ya, kadang ini menjadi blunder kalau yang diusung ini tidak bisa menata rasa penasaran publik pada saat awal ini,” tegasnya.

Share This

Leave a Reply