Pilgub Jabar 2018 Akan Dikawal 800.000 Petugas

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan merekrut sekitar 800.000 petugas untuk mengawal jalannya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menerangkan, banyaknya petugas yang terlibat dalam Pilgub Jabar 2018 merupakan bentuk dukungan optimal agar Pilgub Jabar 2018 berakhir sukses dan menghasilkan pemimpin harapan masyarakat.

Dengan banyaknya petugas yang terlibat, kata Yayat, tidak heran jika anggaran yang tersedot untuk membiayai honor petugas mencapai lebih dari 60% dari total anggaran Pilgub Jabar 2018 untuk KPU sebesar Rp1,169 triliun.

“Pasukan penyelenggara pemilu dari tingkat provinsi sampai desa, termasuk sekretariatnya. Saya kira, kalau ditambahkan dengan sekretariat dan lainnya, jumlahnya sekitar 800.000 orang,” ungkap Yayat ditemui di kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Jumat (7/4).

Yayat melanjutkan, khusus petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan direkrut sebulan sebelum hari H Pilgub Jabar.

Sementara petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) mulai direkrut sekitar Agustus-September 2017 mendatang melalui rekrutmen terbuka (open recruitment).

“Kami harap masyarakat berperan aktif menjadi bagian dari pasukan ini,” katanya.

Share This

Leave a Reply