Pesona PW Edong Garut yang Kian Langka Kini Diburu Pecinta Batu Akik

Pesona PW Edong Garut yang Kian Langka Oleh: Ridwan Alamsyah

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Suksesnya perhelatan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 di Kota Bandung beberapa waktu lalu meninggalkan kesan mendalam bagi para pecinta batu akik di Jawa Barat.

Betapa tidak, batu akik jenis Pancawarna (PW) Edong didaulat menjadi cinderamata bagi para delegasi dan tamu undangan acara tingkat dunia tersebut.

Otomatis, animo masyarakat pecinta batu akik pun kini terdongkrak untuk memiliki batu akik kebanggaan warga Kota Garut itu.

“Batu Pancawarna Edong sekarang sangat sulit ditemukan di pasaran, hanya stock lama yang beredar, itupun dalam jumlah sangat terbatas,” ungkap Elihadi, 35, salah seorang pedagang batu akik di Gemstone Center Bandung (GCB), Lucky Square Mall Lantai 1, Jalan Terusan Jakarta, Antapani, Kota Bandung, Kamis (21/5).

Kepada Jurnal Bandung, Elihadi menjelaskan, batu akik PW Edong sejak lama sudah dikenal sebagai perhiasan, jauh hari sebelum batu akik booming seperti saat ini. Namun, batu akik PW Edong kini sulit ditemukan.

“Bagai pengobat rindu, di pasaran sekarang sedang ramai dengan adanya jenis Pancawarna lain asal Garut juga seperti Pancawarna Darson, Pancawarna Ciangel, dan Pancawarna lainnya. Sehingga, seperti strategi marketing juga kalau Edong kini langka di pasaran,” tuturnya sambil tersenyum.

Ciri khas dari PW Edong, lanjut Elihadi,  yaitu memiliki warna yang tegas disertai corak hitam yang mengkilat dengan variasi warna lebih dari lima di antaranya warna hijau daun dan merah  cabai yang membentuk sebuah lukisan abstrak.

“Selain sulit ditemukan di tambang, Pancawarna Edong juga menjadi batu yang wajib dimiliki para kolektor batu akik. Sehingga, tidak heran kalau sampai sekarang, harga jual batu tersebut tetap terjaga,” jelasnya.

Untuk diketahui, di GCB Lucky Square Mall, terdapat berbagai macam jenis batu akik yang terjamin kualitas dan keasliannya. Seperti salah satu koleksi batu akik PW Edong yang dijual di salah satu tenant di GCB Lucky Square Mall yang dibanderol Rp3 juta saja.

Seperti diketahui bersama, batu akik adalah salah satu warisan kebudayaan bangsa. Pamornya yang dulu sempat menurun sekarang bergairah kembali. Sisi klenik dari batu akik pun mulai bergeser menjadi sebuah simbol seni, keindahan, hingga kesuksesan.

Share This

Leave a Reply