Persib Tantang Malaysia Selection di GBLA

Oleh: Ferry Prakosa

Foto oleh: Ferry Prakosa
Foto oleh: Ferry Prakosa

Jurnal Bandung – Laga persahabatan antara Persib Bandung dan Malaysia Selection akan digelar di Lapangan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kamis malam (2/10). Pertandingan persahabatan ini merupakan pertandingan perdana yang dilakukan di lapang Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mensukseskan pertandingan persahabatan ini. ”Bertepatan dengan hari jadi Kota Bandung yang ke 204. Pertandingan ini akan langsung digelar di stadion yang selama ini sudah ditunggu- tunggu. Alhamdulilah meskipun memang masih belum sempurna, dari segi akses jalan,” kata pria yang akrab disapa Emil ini dalam Konferensi pers laga pertandingan Persib Vs Super Malaysia Selection di Balai Kota Bandung, Rabu (1/10).

Agar berjalan lancar, berbagai persiapan seperti fasilitas parkir juga sudah dipastikan kapasitas dan kelayakannya. Selain itu tingkat keamanan bagi para bobotoh yang akan menyaksikan laga ini juga sudah diuji. Emil menambahkan mengenai pelayanan penjualan tiket juga sudah dijual di tempat- tempat yang sudah khusus disediakan agar terhindar dari para calo.

”Kondisinya masih managable, dari pihak kepolisian sudah survey beberapa kali dan dinyatakan layak untuk dikunjungi. Parkir juga luas, karena tidak terlalu lebar pakai sistem manual lalulintas,” papar¬† Emil.

Dengan adanya parkir manual yang dilakukan dalam sistem tersebut, Pemkot Bandung mengimbau pada warga untuk tidak memarkir kendaraannya di sembarang tempat, karena akan mempengaruhi kelancaran lalulintas di kawasan tersebut.¬† ”Saya himbau ke masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan,” imbaunya.

Selain itu pemain persib dan penonton kelas VIP dalam perjalanan menuju GBLA difasilitasi dengan rute khusus. Yaitu rute konstuksi tol. Hal tersebut dianggap aman karena susah mendapat izin dari Dinas Perhubungan Kota Bandung. ”Kalo soal akses jalan untuk para pemain dan VIP itu pakai rute jalan tol konstruksi, rute itu bisa dipakai karena sudah mendapat izin dari Dishub,” ungkapnya.

Pertandingan ini merupakan pertandingan percobaan sebelum lapangan bisa digunakan untuk beberapa bulan kedepan. Nantinya GBLA akan diaktifkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Emil menambahkan, selama ini fasilitas stadion sudah lengkap. Namun, karena akses jalan yang baru akan rampung di Januari tahun depan maka stadion selama ini tidak bisa dipakai.

”Selain laga perdana, pertandingan ini juga sebagai laga perdana sebelum stadion ini akan dimaksimalkan fungsinya. Baik itu dengan berbagai kegiatan ataupun hal lain untuk mengefektifkan stadion. Kan daripada kursinya kosong gak dipake, mending dimanfaatkan,” jelasnya.

Leave a Reply