Pernikahan Dini Penyebab Utama Kematian Ibu Melahirkan

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Pernikahan dini ditengarai sebagai penyebab utama kematian ibu saat melahirkan.┬áSeperti diketahui, hingga kini, Jawa Barat dinilai masih rawan kematian ibu melahirkan. Hal itu ditandai dengan masih tingginya angka kematian ibu saat melahirkan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jabar Yudhi Suryadhi menjelaskan, kematian ibu saat melahirkan lebih banyak disebabkan oleh ketidaktahuan Sang Ibu dan suaminya dalam menjaga kehamilan.

Ketidaktahuan suami-isteri tersebut dipicu karena pernikahan dini dari keduanya. Sebab, selain organ reproduksi Sang Ibu yang belum siap, psikologis keduanya pun belum bisa dikatakan cukup matang.

“Kematian ibu melahirkan memang banyak terjadi pada pasangan yang masih berusia sangat muda,” ungkap Yudhi kepada Jurnal Bandung di Kantor BKKBN Perwakilan Jabar, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Jumat (21/8).

Oleh karena itu, lanjut Yudhi, pihaknya bekerja sama dengan guru-guru SMA di Jabar tengah getol-getolnya menyosialisasikan risiko dan bahaya menikah di usia dini kepada siswa siswi SMA.

Share This

Leave a Reply