Perhatian Frisian Flag Indonesia untuk Para Peternak Sapi Perah

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – PT Frisian Flag Indonesia (FFI) memberikan perhatian kepada para peternak sapi yang ada di Lembang dan Pangalengan Jawa Barat.

 
Program ini digelar untuk membantu para peternak yang merupakan mitra FFI dalam menyediakan produk – produk bergizi untuk memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu sapi.

 
“Program Renovasi Kandang dari FFI memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak, serta menjadikan peternak dan kandangnya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya,” ujar Project Manager DDP & FDOV PT Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi di Bandung, Senin (20/7/2020).

 

 

Salah satu anggota peternak dari Koperasi KPSBU Lembang peserta Program Renovasi Kandang dari FFI, Alit Ruhiyat, mengakui program ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peternakan dan usaha susu sapi perah miliknya.

 

 

“Saya merasakan perubahan yang berarti setelah mengikuti Program Renovasi Kandang dari FFI. Beban pekerjaan berkurang menjadi lebih ringan dan merawat sapi perah miliknya juga lebih mudah dibandingkan sebelumnya,” jelasnya.

 

 

Dari beberapa bagian yang direnovasi, Alit mengatakan yang paling dirasa manfaatnya adalah perbaikan atap. Kini atap kandang sapi miliknya lebih tinggi menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat sapi-sapi perah ternaknya lebih nyaman dan sehat.

 

 

“Banyak sekali manfaat yang saya rasakan dari program ini, selain mempermudah pekerjaan operasional harian, saya juga merasakan hasil peningkatan produksi susu sapi sebanyak satu sampai dua liter per hari dengan jumlah pakan yang sama,” tuturnya.

 

Ketua KPSBU Lembang sekaligus Ketua GKSI (Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia) Dedi Setiadi berpendapat bahwa Program Renovasi Kandang memberikan manfaat nyata dalam upaya peningkatan produksi susu sapi, dengan rata-rata peningkatan antara satu sampai dua liter per ekor per hari.

 

 

“Dengan jumlah pakan yang sama, peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami rekan-rekan peternak dengan perbaikan kandang ini terbilang sangat menggembirakan. Ini membuktikan bahwa kandang sapi perah yang dibangun dengan baik sesuai standar GDFP mampu meningkatkan produksi,” pungkasnya.

Leave a Reply