Perayaan Malam Tahun Baru Diwarnai Ledakan Low Explosive di Depan Rumah Dinas Wali Kota Bandung

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Kemeriahan perayaan malam Tahun Baru 2016 diwarnai ledakan yang diduga bom molotov, tepat di depan Pendopo Kota Bandung yang juga rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Ledakan berdaya ledak rendah (low eksplosive) itu terjadi Jumat (1/1/2016), sekitar pukul 01.30 WIB, sesaat setelah pergantian tahun terlewati.

Ledakan terjadi di bagian bawah mobil Suzuki APV warna silver dengan nomor polisi B 1266 TOB milik kontributor TV One yang tengah meliput pesta perayaan tahun baru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jurnal Bandung, salah seorang saksi mata yang juga kameramen TV One Muhamad Ishak mengungkapkan, ledakan menimbulkan suara cukup keras yang disertai kepulan asap putih hingga mobil APV bergetar.

“Setelah ngambil gambar (shooting) acara tahun baru, saya masuk ke dalam mobil untuk berganti sepatu, tiba-tiba ada ledakan hingga mobil bergoncang. Saya kaget dan langsung ke luar mobil,” ungkap Ishak.

Menurut Ishak, dirinya sempat melihat api di bagian kap mobil, namun hanya sebentar dan langsung padam.

“Ada juga kepulan asap putih berbau mirip mercon atau kembang api,” kata Ishak seraya menyebutkan, sumber ledakan berasal dari bawah pintu belakang supir.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono membenarkan peristiwa itu.

Menurutnya, masyarakat yang tengah menikmati malam tahun baru di halaman Alun-alun Kota Bandung, yang tak jauh dari lokasi kejadian, juga dikejutkan oleh ledakan tersebut.

“Namun, alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa itu,” tuturnya.

Dia menambahkan, setelah mendapati laporan tersebut, pihaknya dibantu Tim Jihandak Brimob langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Lokasi kejadian pun langsung dipasangi garis polisi (police line).

Share This

Leave a Reply