Penyebab Jalan Amblas di Banjar Gara-gara Sampah

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto Riefki Farandhika
Foto Riefki Farandhika

Jurnal Bandung – Penyebab jalan amblas di Kota Banjar, tepatnya di Jalan Brigjen M Isa diduga disebabkan tumpukan sampah.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro menjelaskan, gorong-gorong yang berada tepat di bawah jembatan tersebut tersumbat oleh sampah.

“Akibatnya, saat debit air tinggi, sampah tersebut terdorong ke gorong-gorong hingga pecah,” jelas Guntoro kepada jurnalbandung.com, Selasa (11/10).

‎‎Untuk menangani kejadian tersebut, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Menurut Guntoro, setelah berkoordinasi dengan PPK dan PPM, maka diperoleh kesimpulan jika jalan yang amblas tersebut akan langsung ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

Guntoro menambahkan, perbaikan jalan amblas tersebut akan menggunakan baja bergelombang.

“Jembatan ini tidak akan menggunakan jembatan darurat setengah melengkung, namun baja bergelombang. Pengerjaannya akan memakan waktu satu bulan,” katanya.

Dia menjamin, baja bergelombang akan lebih kuat dibandingkan jembatan darurat (bailey). Dia juga menegaskan, jembatan dengan baja bergelombang tersebut sifatnya semipermanen.

“Ke depan memang harus ada pengurangan muatan. Arus kendaraan dialihkan. Jadi yang muatan banyak wayahna (mohon maklum),” katanya.

Leave a Reply