Pengelolaan Sampah di Bandung Ada Sedikit Kemajuan

foto net
foto net

Jurnal Bandung- Pemerhati lingkungan sekaligus pendiri Balifokus, Yuyun Isnawati menilai pengelolaan sampah di kota Bandung pada saat ini ada sedikit kemajuan.

“Pengelolaan sampah kota Bandung sekarang kayaknya cuma sedikit kemajuannya, karena saya sudah mengamati sejak tahun 2007, Sampai dengan sekarang pengelolaan sampah itu belum secara tuntas implementasinya,” katanya di Bandung, Jumat (29/8).

Menurutnya, penanggulangan sampah menggunakan insenerator tidak akan memecahkan masalah. Pasalnya menggunakan insenesator itu sistemnya sentralisasi.

“Itu tidak memecahkan masalah sama sekali karena yang dilihat dari tadi sentralilasi. Sentralisasi jadi harusnya ada beberapa strategi ditingkat masyarak,” jelasnya.

Meskipun teknologi Insenesator sudah diterapkan di beberapa negara, menurutnya tidak akan cocok diterapkan di Indonesia. Karena kondisinya jauh berbeda dengan kondisi Indonesia.

“Jadi kalau mau bikin insenerator memantau udara baku mutunya apa yang akan dipakai?. Abu pembakaran itu harus dibawa ke Cileungsi,” terangnya. (JB-02)

Leave a Reply