Pendapatan Lampaui Target, Dispenda Sumbang Kas Jabar Rp393 Miliar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jawa Barat menyumbang kelebihan target pendapatan ke kas Pemprov Jabar hingga Rp393 miliar.

Kepala Dispenda Jabar Dadang Suharto mengatakan, kelebihan pendapatan tersebut diraih menyusul suksesnya program bebas bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dicanangkan pada pertengahan 2016 lalu.

“Ini buah dari sosialisasi yang massif dan persiapan matang. Animo wajib pajak juga luar biasa, dua kali lipat dibanding biasa, saya berterima kasih sekali pada warga,” ujarnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/12).

Lewat program ini, ke depan, pihaknya juga yakin mampu terus menekan jumlah kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) yang jumlahnya masih di atas 2 juta unit.

Selain itu, kata Dadang, kesadaran masyarakat membayar pajak dinilai makin tinggi karena pihaknya pun terus memberikan kemudahan.

“2017 kita targetkan dari PKB saja bisa naik Rp6 triliun, Insya Allah tinggal kita sosialisasi terus,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Jabar M Solihin mengaku optimistis serapan anggaran bisa terealisasi optimal menyusul tingkat pendapatan daerah yang juga cukup meyakinkan.

Menurutnya, kerja keras Dispenda Jabar dengan seluruh cabang Kantor Samsat di Jabar membuat pihaknya mampu melampaui target pendapatan.

“Tanggal 15 Desember saja sudah terlamapaui untuk target PAD dari PKB dan BBNKB. Mudah-mudahan sampai akhir tahun sudah lebih 100% dari PKB maupun BBNKB,” ujarnya.

Solihin menilai, gencarnya sosialisasi program bebas denda PKB maupun BBNKB sejak Juni 2016 berpengaruh besar.

“Coba main ke Samsat, itu antre yang mau bayar, parkir penuh,” ujarnya seraya mengatakan, kesempatan tersebut akan berakhir 24 Desember mendatang.

Menurutnya, suksesnya program ini tak hanya mendongkrak pendapatan,  namun yang terpenting adalah data wajib pajak bisa terjaring.

“Ini modal untuk 2017 menambah pendapatan,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply