Pemprov Tanam Lima Juta Bibit Kopi Java Preanger

foto net
foto net

Jurnal BandungĀ  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menanam lima juta batang bibit kopi unggul di sejumlah lahan perkebunan milik Pemprov Jabar untuk mengembalikan kejayaan Jabar sebagai penghasil kopi terbaik di dunia.

Bibit kopi unggul yang akan dibudidayakan itu adalah varietas kopi Java Preanger sebagai komoditas khas Jabar yang banyak diminati pecinta kopi. Kepala Dinas Perkebunan Jabar, Arief Santosa mengatakan, varietas kopi Java Preanger akan dikembangkan di perkebunan Gunung Malabar. “Namun, saat ini, kami baru bisa mendistribusikan satu juta bibit pohon,” ujar Arief di kantor Dinas Perkebunan Jabar, di Jalan Surapati, Kota Bandung, kemarin.

Lebih lanjut Arief mengatakan, selain wujud pembudidayaan, penanaman bibit kopi pun dilakukan agar masyarakat tertarik membudidayakan hewan luwak. Sebab, menurutnya, saat ini kopi luwak menjadi primadona karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. “Jadi, selain budidaya kopi Java Preanger, masyarakat kita ajak juga untuk memelihara luwak,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply