Pemprov Jabar Tampung 159 Anggota Gafatar yang Ingin Bertaubat

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, Pemprov Jabar akan memfasilitasi anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Jabar yang hendak bertaubat.

Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, sebanyak 159 orang anggota Gafatar, kini ditampung di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus, Jakarta Timur.

Mereka akan segera dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Namun, sebelum dipulangkan, mereka terlebih dahulu akan mendapatkan trauma healing.

“Kita sedang lakukan identifikasi, untuk selanjutnya ditampung di panti-panti milik Dinsos (Dinas Sosial). Nanti, akan dihilangkan dulu traumanya,” ungkap Aher kepada Jurnal Bandung.com di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (25/1).

Lebih lajut dia mengatakan, memulangkan para anggota Gafatar ini bukan hal yang mudah. Sebab, harus didahului komunikasi dengan warga di kampung halamannya, sehingga keberadaan para anggota Gafatar bisa pun diterima kembali oleh masyarakat.

“Perlu perlakuan khusus, kita akan komunikasikan dengan kampung asalnya masing-masing, supaya mereka bisa diterima kembali,” terangnya.

Melihat kondisi tersebut, Aher pun lantas mengusulkan agar para anggota Gafatar bisa menjadi peserta transmigran lokal di luar Kalimantan. Cara ini dinilainya tepat agar mereka memiliki pengharapan baru.

Namun, lanjut Aher, usulan tersebut tentunya mesti disetujui pemerintah pusat terlebih dahulu, melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Mudah-mudahan program transmigrasi di 2016 ini bisa diisi oleh mereka,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply