Pemprov Jabar Minta Pengembang Obyek Wisata Jaga Kelestarian Lingkungan

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemerintah provinsi Jawa Barat berharap pengembangan destinasi wisata di Jawa Barat tidak merusak lingkungan. Sekda Jabar Iwa Karniwa menegaskan menjaga kelestarian lingkungan jauh lebih penting. Oleh karena itu lanjut Iwa, daerah lebih berhati-hati dalam pengembangan destinasi obyek wisata di Jabar.

Iwa menjelaskan, daerah jangan hanya memikirkan keuntungan semata, tanpa memperdulikan kelestarian lingkungan.

“Misalnya sebagai contoh destinasi pariwisata Jawa Barat bagian selatan khususnya mulai kawasan selatan cekungan Bandung dan pada koridor destinasi pariwisata provinsi, Pangandaran, Tasik, Garut, Cianjur sampai ke Ciletuh, kiranya perlu berhati-hati dalam pengembangannya untuk menjaga kestabilan kondisi alam dan lingkungan,” katanya di Bandung, Rabu (19/8).

Oleh karena itu menurutnya Disparbud diminta untuk  turut menyusun kebutuhan peningkatan sarana dan prasarana.

“Kemudian dari daftar tersebut diinformasikan kepada sektor terkait yang memiliki tanggungjawab fungsi dalam pelaksanannya,” ujarnya.

Menurutnya jika kepariwisataan dianggap sebagai lokomotif ekonomi, maka sebaiknya program – program sektoral dapat mendukung peningkatan kondisi baik fisik, maupun sosial di perwilayahan destinasi yang ada di Jabar.

Jabar sendiri menurut Iwa sudah menyusun 9 kawasan strategis pariwisata provinsi dalam rencana pembangunan. Yaitu Kawasan Ekowisata Puncak dan sekitarnya, Kawasan Geowisata Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng dan sekitarnya, Kawasan Cagar Budaya Sukabumi,

Kawasan Industri Bekasi Karawang, Kawasan Sejarah di Cirebon, Kawasan Pariwisata Kreatif Bandung, Kawasan Pariwisata Alam Bandung Selatan Garut, Kawasan Budaya Priangan dan  Alam Bahari Di Priangan, serta Kawasan Ekowisata Pantai Apra Cipatujah Dan Sekitarnya.

Share This

Leave a Reply