Pemprov Jabar Masih Tunggu Keputusan Resmi Mengenai Jumlah Veneu Asian Games 2018

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Provinsi Jawa Barat terus melakukan persiapan dan koordinasi dalam menghadapi Asian Games 2018 mendatang. Bagaimana tidak, gelaran olahraga terbesar di asia ini terpusat di Provinsi Jawa Barat. Setidaknya ada sebanyak 15 veneu pertandingan yang bakalan dilaksanakan di salah satu provinsi terbesar di Indonesia ini.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA). Keputusan tersebut lanjut Deddy Mizwar mengenai penetapan jumlah veneu di Jawa Barat yang akan digunakan.

“Makanya kita persiapkan sampai 4 Mei nanti, semua venue yang diprediksi akan dipakai, harus di-assessment sehingga bisa keluar seberapa banyak biaya untuk renovasi, dan termasuk untuk pembangunan sarana prasarana untuk setiap cabor,” kata Deddy Mizwar di Gedung Sate, Jumat (21/4).

Mantan aktor ini mengatakan, jika penetapan tersebut sudah diselesaikan, maka pihaknya lanjut Deddy, akan segera mengajukan renovasi venue atau pembangunan sarana dan prasarananya dalam Musrenbang Nasional pada 9 Mei 2017. Sehingga, penganggarannya bisa didapat dari APBN Perubahan 2017 atau APBN 2018.

“Jadi ini ada keputusan venue belum ditentukan secara pasti, sebab ada perubahan-perubahan yang kemarin diajukan 42 cabor, jadi 36. Tapi disetujuinya jadi 39 cabor oleh OCA. Makanya, nanti menunggu surat resmi dari OCA,” ucap Deddy.

Perubahan jumlah cabang olahraga yang akan diselenggarakan dalam Asian Games 2018 ini, katanya, menyangkut juga dengan penggunaan venue di Jawa Barat. Namun sebagai antisipasi, hingga kini, pihaknya tetap mempersiapkan venue, saat jumlahnya ditetapkan masih 42 cabang olahraga.

Share This

Leave a Reply