Pemprov Jabar Gelar Kembali Festival Film Jabar

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemerintah provinsi melalui Disparbud menggelar kembali agenda tahunan Festival Film Jabar (FFJB). Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, acara FFJB ini sudah menginjak tahun ke-3. Rencananya tahun ini akan digelar selama dua hari dari tanggal 15-16 Desember 2017 di Bandung.

“Pemda Jabar hanya menyediakan ruang eksibisi dan kompetisi untuk mengukur kualitas dan gagasan kreatif para sineas. Diharapkan nanti muncul film film berkuakitas yang mengadopsi kearifan lokal,” jelas Deddy, Selasa (13/12).

Sebelumnya FFJB ini sempat digelar diĀ  Garut, Cimahi, Majalengka, Subang dan Bogor.

“Kali ini kita gelar di Kota Bandung, di Taman Budaya Dago,” katanya.

Lebih lanjut Demiz pun mengatakan, event FFJB 2017 ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Saat ini kreatifitas para pelajar pun menjadi kategori tertentu yang dilibatkan dalam acara tersebut.

“Dulu kategori pelajar tidak ada, sekarang ada. Kita siapkan kategori pelajar untuk mendorong kreatifitas mereka dalam membuatan film, sehingga para pelajar pun bisa bereksplorasi, dalam berkarya,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat Agus Hanafi mengatakan, peserta FFJB 2017 cukup membludak, peserta umum pun mencapai hingga 289 film yang telah masuk. Bahkan dari kalangan pelajar ada 74 filmĀ  dan 33 video musik yang masuk.

“Peningkatan karya dan peserta FFJB terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu pun mendorong pengembangan komunitas film,” katanya.

Leave a Reply