Pemprov Jabar Gelar Aksi Solidaritas Rohingya, Miliaran Rupiah Berhasil Dikumpulkan

Oleh : Redaksi

Jurnal Bandung.com  – Pemerintahan provinsi Jawa Barat menggelar aksi solidaritas untuk para korban kemanusiaan Rohingya di Myanmar.

Dalam aksi solidaritas tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang memimpin melakukan long march dari mesjid Pusdai Bandung menuju Gedung Sate di Jalan Dipenogoro.

Selain itu, pemerintah provinsi juga melakukan penggalangan dana bantuan untuk para korban kemanusiaan Rohingya. Sampai saat ini penggalangan donasi tersebut sudah mencapai Rp 1,2 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan orasi didepan ratusan masa yang ikut melakukan aksi solidaritas. Dia mengaku tidak habis pikir, dijaman modern ini masih ada segala bentuk kekerasan.

“Masih ada kedzaliman di dunia Iptek yang terang benderang saat ini. Yang peduli pada Rohingya sangat banyak, semuanya meminta supaya kekerasan terhadap Rohingya dihentikan,” ujar Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Jumat 8 September 2017.

Menurutnya, seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap umat Muslim Rohingya terus disuarakan masyarakat. Pihaknya meminta kepada Pemerintah dan Militer Myanmar agar menghentikan penindasan tersebut.

“Sampai pada pemerintahan Burma, sampai pada militer Burma. Dengar suara dari Jawa Barat, berikan kedamaian bagi Rohingnya, hentikan kekerasan, berikan hak hidup mereka,” ujarnya.

Pemerintah Myanmar diminta agar sadar bahwa muslim Rohingya mempunyai hak hidup dan kebebasan yang sama dengan warga lain. Aher menambahkan, kepada negara – negara tetangga perbatasan diminta agar menerima muslim Rohingya yang meminta bantuan pengungsian.

“Masyarakat Rohingya punya hak hidup. Kita suarakan ke langit, segera hentikan kekerasan. Saat mereka berada di pengungsian, terima mereka sebagai warga dunia,” katanya.

Hasil donasi tersebut disimpan dalam rekening Bank BJB, 2345-6789-1000-1 a/n Jabar Peduli dan pengalangan dana ini dilanjutkan sampai pada dua pekan ke depan.

Leave a Reply