Pemprov Jabar Dukung KPK Cegah Tindak Pidana Korupsi di Sektor Dunia Usaha

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Demi memberantas tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar program pencegahan tindak pidana korupsi sektor usaha di Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengungkapkan, berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh KPK ternyata banyak terjadi tindak pidana korupsi di sektor dunia usaha.

Oleh karena itu, menurut Iwa, pihak pemerintah provinsi Jawa Barat akan senantiasa mendukung program  yang akan digelar oleh KPK.

Iwa mengatakan langkah KPK ini salah satu tahapan membuat cetak biru pencegahan korupsi di sektor swasta. Pemprov Jabar, menurutnya akan mendukung penuh mediasi dalam forum tersebut. “Ini dalam rangka pencegahan korupsi dunia usaha, kami dukung penuh,” tuturnya.

Iwa menuturkan ada sekitar 15 dinas di lingkungan Pemprov Jabar yang ditugaskan untuk masuk dalam forum advokasi regional tersebut. Dari mulai dinas ESDM, perindustrian dan perdagangan, penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu hingga Dinas Perkebunan. “Hasilnya demi melancarkan perizinan untuk meningkatkan aktifitas ekonomi di Jawa Barat,” cetusnya.

Pihaknya berharap jika langkah ini diterapkan maka kepercayaan dunia usaha pada provinsi tersebut makin naik. Ini ditandai dengan makin tingginya arus investasi baik dari luar maupun lokal. “Kalau kepercayaan muncul investasi naik. Jadi program ini bisa meningkatkan index daya saing daerah,” katanya.

Share This

Leave a Reply