Pemprov Jabar Dorong Desa Agar Lebih Mandiri

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
Foto net

Jurnal Bandung – ‎ Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan terus mendorong seluruh desa di Jabar agar lebih mandiri, sehingga tidak membutuhkan lagi dana bantuan dari pemerintah daerah (pemda) maupun Pemprov Jabar.

“Kita ingin membangun desa mandiri, baik dari segi pangan, energi, hingga kemajuan di bidang pendidikan dan kesehatan,” ujarnya kepada Jurnal Bandung di Bandung, Senin (29/6).

‎Menurut dia, sebenarnya desa merupakan pusat pembangunan ekonomi masyarakat. Sebab, potensi yang dimiliki desa bisa dimanfaatkan dengan baik dan menjadi sumber pendapatan.

‎”Kita sambut pembangunan desa yang baik ke depan. Karena di desalah sebenarnya pusat-pusat pembangunan ekonomi kita,” kata dia.

Gubernur yang akrab disapa Aher ini menyatakan, jika nuansa kemandirian itu hadir di masing-masing desa, maka tidak akan ada lagi transaksi impor barang dari luar. Namun, masyarakat desa tetap dapat hidup dengan baik.

“Kalau ada keunggulan kita menjual ke luar. Minimalnya bisa menjual ke luar desa. Lebih bagus lagi kalau ke luar negeri,” ungkapnya.

Kini, kata Aher, penggunaan devisa boros lantaran masyarakat sudah terlalu bergantung kepada barang-barang dari luar.

“Saya percaya dengan pembangunan desa ini, kemandirian semakin kokoh semakin kuat,” ucapnya.

Leave a Reply