Pemprov Gerak Cepat Bangun Kolam Retensi di Cieunteung, Penetapan Lokasi Dipatok Tuntas Februari Ini

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Untuk mengatasi persoalan banjir di kawasan Cieunteung Kabupaten Bandung, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membangun kolam retensi. Untuk menindaklanjuti rencana itu, Pemprov Jawa Barat pun bergerak cepat

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengungkapkan, pihaknya kini sudah membentuk tim khusus untuk menyosialisasikan pembangunan kolam retensi Cieunteung.

Dikatakan Iwa, untuk masalah perizinan, pihaknya sudah mengevaluasinya. Intinya, kata Iwa, Pemprov Jabar sangat mendukung pembangunan kolam retensi Cienteung.

“Hampir seluruh warga menyambut untuk dilakukan langkah-langkah yang pasti, yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” ujarnya kepada Jurnalbandung.com, belum lama ini.

Namun begitu, Iwa tidak memungkiri jika di lapangan masih ada masalah, karena sebagian warga masih ada yang belum setuju. Sehingga, pembebasan lahan kolam retensi masih terseok-seok. Padahal, menurut Iwa, kolam retensi akan sangat berguna bagi kepentingan umum.

Dia memaparkan, kini, Pemprov Jabar sudah merekomendasikan draft revisi tata ruang Kabupaten Bandung kepada Biro Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

“Tata ruangnya sudah beres, tinggal menunggu detail pembebasannya. Kini Pemprov bisa segera membuat rekomendasi ¬†Penlok (penetapan lokasi),” imbuhnya.

Pihaknya menargetkan, penetapan lokasi untuk pembebasan lahan tuntas akhir Februari mendatang. Hal ini akan tertuang dalam Keputusan Gubernur terkait pembangunan kolam retensi.

Adapun anggaran pembebasan dan pembangunan kolam retensi tersebut berasal dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpuper melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

Share This

Leave a Reply