Pemkot Bandung Pastikan Bus Sekolah Beroperasi Pekan Ini

Oleh: Ridwan Farid

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung memastikan untuk mengoperasikan kembali bus sekolah pekan ini. Kepastian tersebut diperoleh setelah PT Trans Metro Bandung (TMB) ditetapkan sebagai pemenang lelang operator bus sekolah. Kini, draft kontrak kerja tengah disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dan PT TMB sebagai operator.

“Kita sudah keluarkan Surat penunjukan penyedia barang dan jasa (SPPBJ) kepada PT TMB sebagai pemenang lelang. Rencananya minggu ini sudah jalan,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TMB Dishub Kota Bandung Yadi Haryadi kepada Jurnal Bandung di ruang kerjanya di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (23/3).

Yadi menuturkan, lelang operasional bus sekolah diikuti tiga perusahaan hingga pada akhirnya PT TMB kembali keluar sebagai pemenang. Dia pun mengakui, pengoperasian kembali bus sekolah ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya, sejumlah prosedur harus ditempuh hingga bus sekolah ini bisa beroperasi kembali.

“Setelah penetapan pemenang lelang kemudian pengumuman pemenang. Dari situ kita harus menunggu lagi karena ada masa sanggah selama 5 hari. Dari situ penandatanganan kontrak dan bus baru bisa beroperasi,” jelasnya.

Untuk operasional bus sekolah ini, pihaknya menganggarkan dana sekitar Rp1,6 miliar untuk dua koridor. Koridor satu rute Antapani-Ledeng sebesar Rp850 juta.
Sementara untuk koridor dua rute  Leuwi panjang-Dago sebesar Rp800  juta.

Menurut Yadi, dana ini akan digunakan untuk biaya operasional 10 bus sekolah yang mencakup gaji supir, bahan bakar minyak (ВВМ), dan pemeliharaan rutin.

“Anggarannya untuk 10 bulan ke depan, dari Maret hingga Desember,” sebutnya.

Seperti diketahui, operasional bus sekolah ini sempat terhenti lebih dari dua bulan terakhir. Bus sekolah ini beroperasi khusus melayani pelajar setiap hari sekolah mulai Senin sampai Sabtu.

Leave a Reply