Pemkot Bandung Optimistis Raih Adipura

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung –  Setelah sekian tahun gagal meraih Piala Adipura, tahun ini, Pemkot Bandung optimistis mampu meraih penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup itu.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelolan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Hikmat Ginanjar.

Sikap optimistisnya itu diperlihatkan menyusul berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkot Bandung, salah satunya menggelar kerja bakti akbar, Minggu (22/3) lalu.‬

‪”Dengan kerja keras dan segala upaya yang telah kita lalukan, saya optimistis Kota Bandung dapat meraih Adipura tahun ini,” ujar Hikmat kepada Jurnal Bandung di Lapangan Tegallega, Kota Bandung, Selasa (24/3).

Seperti diketahui, dalam penilaian tahap pertama, Kota Bandung mendapatkan poin 71. Nilai ini masih kurang tiga poin dari total nilai yang menjadi syarat untuk meraih Piala Adipura yakni 74.‬

‪Hikmat melanjutkan, pasar menjadi fokus pembenahan untuk mendongkrak raihan poin. Salah satu upaya yang telah dilakukan yakni pemilihan sampah. Selain itu, sarana dan prasarana pengangkutan sampah pun dioptimalkan.

‪Setiap pedagang yang berjualan di pasar, kata Hikmat, harus memiliki  karung sampah. Dengan adanya karung sampah tersebut, petugas kebersihan tinggal membawa karung sampah kemudian diangkut ke truk sampah. Ditempatkan pula kontainer-kontainer sampah di pasar-pasar tradisional.

‪”Iya semua dipasang. Ya tinggal dimanfaatkan saja sekarang mah. Karena sebetulnya dua tahun yang lalu juga sudah disiapkan sarana dan prasarana pengolahan sampah,” sebutnya.


‪Hikmat menambahkan, pekan ini tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  akan menyambangi Kota Bandung. Sejumlah imfrastruktur akan dipantau dan hasilnya menjadi poin penilaian.

Adapun bangunan bangunan yang menjadi titik penilaian di antaranya  sekolah, pasar, tempat pembuangan sementara (TPS), tempat pembuangan akhir (TPA), permukiman, perkantoran, dan bangunan lainnya.‬

‪”Penilaian tahap kedua akan dilakukan semingu ini, setelah itu kan diverifikasi, dan nanti tinggal menunggu pengumuman pemenang pada Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni mendatang,” pungkasnya.

Leave a Reply