Pemkot Bandung Ditawari Bangun Kereta Dalam Kota Oleh Perusahaan Asal Malaysia

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Perusahaan asal Malaysia Exni Railway menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung. Perusahaan yang konsen dibidang transportasi ini menawarkan teknologi kereta dalam kota. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengakui bahwa pembangunan kereta dalam kota ini bisa saja dilakukan di kota Bandung, pasalnya untuk membangun kereta dalam kota tidak perlu lahan yang luas.

 

“Katanya mereka bisa ‘custom’ atau sesuai kebutuhan. Misalkan transportasi massal berbasis kereta tapi tidak memerlukan lahan banyak,‎” kata Yana di ruang kerjanya, di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kamis (21/3).

 

Namun, lanjut Yana meskipun begitu, pihaknya tidak akan serta merta memutuskan kerjasama. Menurut dia, perlu ada kajian mendalam untuk pembangunan kereta dalam kota.

 

“Makanya tadi minta ke mereka. Kita punya problem seperti ini, coba dipecahkan dengan teknologi mereka. Mungkin nanti akan mengundang kita untuk melihat teknologi mereka,”‎ ujarnya.
Yana tidak menutup kemungkinan apabila komunikasi lanjutan. Sebab, ujar dia, pada prinsipnya Pemkot Bandung akan terus berupaya menghadirkan solusi untuk menanggulangi kemacetan, di antaranya melalui penyediaan transportasi masal.

 

‎”Sekarang kita akan jajaki dengan siapa pun. Karena pada dasarnya, kita  membutuhkan transportasi masal untuk menyelesaikan problem kemacetan‎. Bus juga kalau ukurannya kecil tetap tidak mengangkut banyak penumpang,” ungkapnya.
Yana menambahkan Pemkot Bandung ingin menggiring masyarakat agar beralih menggunakan transportasi umum. Dengan harapan bisa meminimalisir populasi kendaraan pribadi di jalanan Kota Bandung.

 

“Kita mau ‘sharing’, barangkali ada teknologi baru transportasi berbasis masal yang cocok diterapkan di Kota Bandung. Kita tetap ke transportasi massal. Karena kita ingin mengubah kultur itu agar masyarakat lebih senang berpergian dengan transportasi massal,” katanya.

Share This

Leave a Reply