Pemkot Bandung Alokasikan Anggaran Rp3,5 Miliar untuk Lampu PJU Klasik

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Pemkot Bandung ingin memberikan yang terbaik bagi warganya.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran hingga Rp3,5 miliar untuk membeli 200 lampu penerangan jalan umum (PJU).

Ratusan PJU bergaya klasik tersebut akan dipasang di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung.

Selain bagi warga Kota Bandung, PJU klasik itu pun sengaja dipasang untuk menyambut kedatangan delegasi negara peserta peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang akan digelar di Kota Bandung, 22 April mendatang.

Kabid Pengadaan Bahan dan PJU Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Rosyidi Santono mengatakan, ke-200 PJU tersebut dipasang di sekitar kawasan Gedung Merdeka seperti di Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Timur, Jalan Braga, hingga Jalan Dalem Kaum.‬

‪”Dari Perempatan Tamblong hingga Perempatan Otista ada 55 PJU, di Jalan Cikapundung Timur 32 PJU, di Jalan Naripan10 PJU, Jalan Dalem Kaum 34 PJU, dan di Jalan Braga hingga Gedung Bank Indonesia ada 109 PJU yang dipasang. Dalam 10 hari ke depan, seluruh PJU akan selesai dipasang,” papar Rosyidi kepada Jurnal Bandung di Bandung, Senin (30/3).

‪Menurut Rosyidi, pemilihan design PJU yang klasik tersebut sesuai instruksi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menginginkan design dekoratif agar kawasan yang dipasangi PJU tersebut terkesan lebih klasik.

Rosyidi menyebutkan, salah satu keunikan PJU klasik ini adalah adanya ornamen singa yang ditempatkan tepat di atas tiang PJU. Ornamen singa tersebut, menurut Rosyidi, menggambarkan simbol Jawa Barat dimana Kota Bandung sebagai ibu kotanya.

“Kalau pemasangan hampir semua sudah, cuma di Jalan Braga pendek dan Dalem Kaum ada yang belum dipasang karena menunggu pembetonan selesai dulu,” imbuhnya.

Rosyidi menambahkan, anggaran untuk membeli lampu PJU klasik ini berasal dari APBD Kota Bandung.

“Untuk PJU yang dipasang di Jalan Asia Afrika nilainya mencapai Rp1,7 miliar, Jalan Naripan-Cikapundung Timur Rp800 juta, Jalan Braga Rp289 Juta, dan Jalan Dalem Kaum Rp730 juta,” sebutnya.

Share This

Leave a Reply