Pemkab Bandung Segera Bangun 10 Pasar Modern

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Pemkab Bandung kini memiliki 10 pasar tradisional. Namun, ke-10 pasar tersebut kondisinya memprihatinkan.

Oleh karenanya, Pemkab Bandung akan segera mengubahnya menjadi pasar modern demi kenyamanan masyarakat, baik pedagang maupun pembeli.

“Di Kabupaten Bandung ada 10 pasar yang akan dibangun seperti Pasar Cicalengka, minimal tidak semrawut,” ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung H Poppy Hopipah kepada Jurnalbandung.com di Bandung, Jumat (23/12).

Poppy berharap, masyarakat maupun pedagang bisa menjalin kerja sama dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar demi kepentingan bersama.

“Nah, sekarang tinggal kembali ke kitanya, manajemen di pasar tradisional harus diubah pelayanannya agar tidak kotor dan jangan membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Poppy menjelaskan, untuk pasar yang mendapatkan perhatian pemerintah, di antaranya dua pasar di Kecamatan Majalaya, Soreang, Banjaran, Cileunyi, Baleendah, Margahayu, Sayati, Ciwidey, dan Cicalengka.

“Untuk Pasar di Cicalengka sudah dibangun, tinggal sekarang sedang dalam tahap rencana pembangunan 2017 di Majalaya ada dua pasar,” ujarnya.

Pembangunan pasar tradisional berikut pengelolaannya, kata Poppy akan melibatkan investor dengan mekanisme bagi hasil.

“Hematnya ke investor hanya menghitung bagi hasil dengan pemerintah, adapun untuk mengurus retribusinya nanti diatur,” katanya.

Share This

Leave a Reply