Pemerintah Siapkan 4 Bandara Penampung Pesawat Delegasi KAA

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Persiapan demi persiapan dilakukan demi suksesnya perhelatan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung, 24 April mendatang.

Banyaknya kepala negara delegasi KAA yang membawa pesawatnya masing-masing membuat pemerintah harus menyiapkan bandara penampung.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan empat bandara untuk menampung pesawat delegasi KAA.

“Yang kita siapkan ada Soeta (Bandara Soekarno Hatta), Lampung, dan Halim (Bandara Halim Perdana Kusuma) dan satu lagi Palembang. Sebab, kalau semua parkir di Husein Sastranegara pasti enggak akan cukup,” kata Jonan kepada Jurnal Bandung di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (15/4).

Dia menjelaskan, pesawat delegasi KAA yang parkir di Bandara Halim Perdana Kusuma nantinya akan mengantar para delegasi ke Bandara Husein Sastranegara. Setelah itu, pesawat akan kembali lagi ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Tamu negara naik pesawat dari Halim di drop saja di Husein dan kembali ke Halim. Tapi, pesawatnya enggak parkir di Husein,” imbuhnya.

Pihaknya menyiapkan bandara di Lampung dan Palembang sebagai bandara alternatif. Sebab, kedua bandara di kota tersebut jaraknya terbilang dekat dengan lokasi digelarnya peringatan KAA.

Selain itu, tambah Jonan, dua bandara ini pun memiliki lahan yang cukup luas. Sehingga, dapat menampung banyak pesawat. Menurutnya, para delegasi dipastikan banyak yang akan menggunakan pesawat pribadi.

“Lampung itu deket. Pokoknya, mereka tinggal milihlah,” ucapnya.

Jonan mengakui, pesawat delegasi KAA pun dipastikan membuat jalur penerbangan semakin padat. Namun demikian, dia memastikan tidak akan mengganggu penerbangan pesawat lain.

“Engga ada penutupan, nanti diaturlah,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply