Pembebasan Lahan Kolam Retensi Cieunteung Dipastikan Rampung Tahun Ini

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Rencana pembangunan kolam retensi Cieunteung di Kabupaten Bandung tinggal selangkah lagi menyusul kepastian pembebasan lahan yang ditargetkan rampung tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan, pembebasan lahan kolam retensi Cieunteung akan diselesaikan tahun ini. Setelah itu, pembangunan kontruksi akan dilakukan tahun depan.

Menurut Iwa, sisa lahan yang kini belum dibebaskan mencapai sekitar 7 hektare dan secara bertahap akan dibebaskan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung dan dibayarkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

“Dana yang tersedia saat ini Rp30 miliar untuk pembebasan lahan tersebut dan sudah pasti dibebaskan dalam waktu dekat ini,” tegas Iwa di Bandung, Kamis (6/2).

Iwa menjelaskan, dana pembebasan lahan ini seluruhnya berasal dari pemerintah pusat. Bahkan, kata Iwa, pemerintah pusat akan menambah dana hingga Rp118 miliar untuk membebaskan total lahan seluas 7,8 hektare.

Namun, Iwa pun tak memungkiri jika pembebasan lahan kolam retensi Cieunteung menghadapi sejumlah hambatan, di antaranya keberadaan tanah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang kini masih diinventarisasi. Selebihnya, masalah lain di lapangan masih bisa ditangani.

“Semoga saja tidak ada hambatan di lapangan, jangan sampai ada provokasi di lapangan agar kolam retensi Cieunteung bisa menuntaskan persoalan banjir yang kerap terjadi di sana,” harapnya.

Iwa menambahkan, peran Pemprov Jabar dalam pembangunan kolam retensi Cieunteung hanyalah sebagai fasilitator pembebasan lahan dan perencanaan.

“Dan Pemprov Jabar akan mengawal pembangunan kolam retensi hingga tuntas,” pungkas Iwa.

Share This

Leave a Reply