Pembangunan Venue PON Terus Dikebut

Penulis: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Ketua Umum Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional  (PON) XIX/2016 yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pembangunan venue cabang olahraga (cabor) terus dikerjakan.

Bahkan, Heryawan menjanjikan, penyiapan venue tersebut akan lebih maksimal pada 2015 mendatang. Dia mengakui, pada APBD 2014 ini, anggaran yang dialokasikan untuk persiapan PON XIX/2016 tergolong minim.

“Untuk anggaran perubahan sekarang enggak akan cukup karena sedikit,” kata Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Senin (3/11).

Namun, dirinya yakin, persiapan PON akan tetap optimal. Terlebih, seluruh elemen masyarakat di Jabar mendukung penyelenggaraan even olahraga empat tahunan itu.

“Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan sukses. Yang paling penting didukung oleh semua pihak agar gelaran PON ini berjalan dengan lancar,” katanya.

Dukungan pun datang dari Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Wellyanto. Bahkan, pihaknya siap mendorong pengalokasian anggaran yang lebih besar pada 2015 mendatang.

“Kita mengapresiasi, mendukung sebagai tuan rumah. Sebagai mitra kerja, kita mendorong agar betul-betul PON 2016 ini sesuai target, jadi Jabar Kahiji,” kata Agus di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Senin (3/11).

Untuk menyempurnakan persiapan, Komisi V akan meninjau sejumlah proyek persiapan PON XIX/2016, salah satunya pembangunan venue pertandingan.

Lebih lanjut Agus mengatakan, penggunaan anggaran PON harus dilakukan sesuai aturan dan tertib administrasi.

Agus tidak menginginkan adanya persoalan hukum yang menjerat penyelenggara usai pelaksanaan PON 2016 karena menurutnya, akan merugikan citra Jabar.

“Jangan ada kebocoran. Kalau ini terjadi, akan memalukan Jabar,” katanya.

Oleh karena itu Agus meminta, pihak-pihak terkait bekerja sesuai tugasnya masing-masing.

“Tidak over laping antara KONI, Disorda dan PB PON agar pertanggungjawabannya jelas. KONI hanya pembinaan,” pungkasnya.

Leave a Reply