Pembangunan Tol Soroja Ditargetkan Selesai Sebelum Pelaksanaan PON 2016

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap, pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) bisa selesai paling lambat September 2016, mendatang.
Pria yang akrab disapa Aher ini pun mengaku optimistis pembangunan Tol Soroja akan berjalan lancar.

“Tidak ada kendala apapun, mudah-mudahan bulan Agustus, sebelum PON 2016, selesai,” ujar Aher kepada Jurnal Bandung seusai Ground Breaking Tol Soroja, di Kabupaten Bandung, Kamis (10/9).

Ruas tol sepanjang 8,13 kilometer ini akan dibangun dengan struktur atgrade dan terbagi dalam 3 seksi pembangunan, dengan 3 interchange (pintu tol), yaitu Pasir Koja, Margaasih, dan Katapang. Masing-masing interchange memiliki 6 pintu tol. Nilai investasi tol soroja ini, kata Aher, mencapai sekitar Rp1,5 triliun.

Aher melanjutkan, Tol Soroja akan menjadi akses utama ke Stadion Si Jalak Harupat yang menjadi stadion utama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 mendatang. Seperti diketahui, acara pembukaan dan penutupan PON akan digelar di stadion ini.

Oleh karena itu, Aher berharap, pembangunan Tol Soroja bisa selesai sebelum PON dilaksanakan.

Bila telah beroperasi, lanjut Aher, Tol Soroja akan menjadi urat nadi baru yang akan menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Selain itu, Aher yakin Tol Soroja akan mendongkrak sektor pariwisata di kawasan Bandung Selatan, seperti objek wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, dan objek wisata lainnya di kawasan Pangalengan.

“Pembangunan ini pun harus didukung dengan akses penunjang lainnya, sehingga harapan percepatan pembangunan di kawasan Bandung Selatan bisa tercapai dengan maksimal,” tambanya.

Di tempat yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Soroja bertujuan untuk pemerataan pembangunan daerah.

“Selama ini perkembangan pembangunan masih bertumpu pada kawasan Bandung Utara, padahal kawasan Bandung Selatan juga memiliki potensi yang tidak kalah untuk dikembangkan,” kata Basuki.

Tol Soroja adalah satu dari tiga rencana proyek tol di Provinsi Jabar, dua proyek lainnya adalah Tol Cisumdawu dan Tol Bandung Inter Urban Toll Road (BIUTR).

Leave a Reply