Pembangunan Tol Dalam Kota akan Tersambung hingga Majalaya dan Berakhir di Cileunyi

Oleh: Dadan Burhan AA

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Pemkab Bandung merespons positif proyek pembangunan Bandung Inter Urban Tol Road (BIUTR) yang didanai pemerintah pusat.

Di awal rencana, tol dalam kota tersebut akan dibangun mulai dari mulut Tol Pasteur ke Ujungberung hingga Gedebage. Akses Tol Gedebage sendiri kini tengah dalam tahap pembangunan.

Menyikapi hal tersebut, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Bandung Yudi Haryanto mengungkapkan, BIUTR pun nantinya akan diteruskan hingga Majalaya dan berakhir di Cileunyi melalui kawasan Tegalluar.

“Ini proyek pemerintah pusat dan Pemprov Jabar, rencananya pembangunan tol dari Pasteur sampai Gedebage melalui pusat Kota Bandung masih diproses. Kemudian nanti akan menyambung dengan Majalaya dan Cileunyi,” ungkap Yudi kepada jurnalbandung.com di kompleks perkantoran Pemkab Bandung, baru-baru ini.

Namun, diakui Yudi, rencana tersebut masih terganjal draft rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Bandung yang hingga kini belum juga disahkan.

Akibatnya, pihaknya belum bisa menentukan rencana pembangunan tol tersebut, termasuk rencana pembangunan rute dan stasiun kereta api cepat atau LRT (light rail transit) yang juga akan dibangun di Kabupaten Bandung.

Yudi menambahkan, terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pihaknya baru sebatas mendapatkan sosialisasi.

Namun begitu, Yudi pun mengakui jika warga Kabupaten Bandung memang membutuhkan sarana transportasi massal tersebut.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser telah membahas rencana pembangunan BIUTR di Kabupaten Bandung yang akan menghubungkan Tegalluar di Bojongsoang dengan Kecamatan Majalaya.

Menurut bupati yang akrab disapa Kang DN itu, pembangunan BIUTR tersebut juga berkaitan dengan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan memiliki stasiun di Tegalluar.

Share This

Leave a Reply